Rusia Sampaikan ‘Kesempatan Terakhir’ Iran sebelum Perang

Moskow (AFP/ANTARA) – Amerika Serikat telah meminta Rusia untuk memperingatkan Iran tentang kesempatan terakhir mereka dalam negosiasi yang diharapkan pada bulan April, untuk menghindari serangan militer terhadap program nuklirnya, kata sebuah laporan, Rabu.

 

Harian Rusia Kommersant mengatakan, Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton telah mengatakan kepada Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov bahwa pembicaraan antara Iran dengan kekuatan dunia adalah “kesempatan terakhir” untuk menyelesaikan krisis.

 

“Dia meminta rekan Rusia-nya untuk membuat jelas kepada pihak berwenang Iran” ketika Washington tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Republik Islam, kata surat kabar itu.

 

Diskusi mereka, berlangsung setelah pertemuan Dewan Keamanan PBB, Senin, membahas Suriah di New York, tambahnya.

 

Surat kabar itu mengatakan bahwa tanggal pasti dan lokasi untuk perundingan masih sedang diputuskan. Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu mengatakan bulan lalu, ia mengharapkan untuk memulai diskusi paling lambat pada bulan April.

 

Laporan itu tidak memberikan rincian lebih lanjut pada jenis aksi militer yang dihadapi Teheran tapi mengatakan, diplomat Rusia di PBB percaya itu adalah “masalah kapan, bukan jika” Israel akan menyerang Iran.

 

Israel, serta sekutu utamanya Amerika Serikat, telah berulang kali menolak mengesampingkan penggunaan kekuatan terhadap Iran atas program nuklirnya, yang kalangan Barat menduga ditujukan untuk membuat senjata nuklir, klaim yang dibantah oleh Teheran.

 

Rusia selalu memperingatkan di depan umum bahwa aksi militer terhadap Iran mempertaruhkan konsekuensi bencana dan mengatakan bahwa krisis harus diselesaikan secara diplomatis.

 

Tapi Kommersant mengatakan militer Rusia sekarang pada kondisi “kesiapan dimobilisasi” untuk melindungi negara dari efek kemungkinan konflik seperti aliran pengungsi ke negara tetangga Azerbaijan.

 

Ia juga mengatakan bahwa sebuah komisi khusus Rusia telah menyusun rencana “rahasia” tindakan untuk menjamin keamanan warga Rusia dalam kasus serangan militer terhadap Iran.

 

Tanpa langsung mengomentari klaim koran tersebut, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov mengatakan kepada Kommersant bahwa Rusia akan melakukan segalanya untuk memastikan bahwa krisis ini diselesaikan secara politis. (nm/mp)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s