A Glass of Milk Everyday

Sejak dulu susu dikenal sebagai sumber nutrisi alami. Bermanfaat bagi kesehatan tulang hingga mencukupi kebutuhan protein harian. Baru-baru ini, para ilmuwan menemukan satu lagi kebaikan susu, yaitu menguatkan daya ingat.

Peneliti dari University of Maine, Amerika Serikat, melakukan survei terhadap 972 pria dan wanita berumur 23-98 tahun. Mereka diminta mengisi rincian tentang makanan, termasuk seberapa sering mereka mengonsumsi produk berbahan susu walau hanya sebagai campuran teh atau kopi. Setelah itu mereka mengikuti serangkaian tes konsentrasi, ingatan, dan kemampuan belajar.

Hasilnya, orang dewasa yang mengonsumsi produk berbahan susu minimal 5 kali per minggu mendapat nilai yang lebih baik saat tes memori dibanding yang jarang mengonsumsinya. Di beberapa tes lain, mereka yang kurang asupan susu 5 kali lebih sering gagal daripada partisipan yang minum susu 2-4 kali seminggu.

Peneliti yakin bahwa kandungan nutrisi dalam susu, seperti magnesium, membantu mencegah hilang ingatan. Mereka menduga produk susu juga dapat menghindarkan tubuh dari penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Hal ini dapat membantu otak agar berfungsi dengan baik. Untuk mendapatkan manfaat ini, minumlah segelas susu setiap hari.

Namun, tidak semua pakar setuju dengan temuan yang dimuat di International Dairy Journal ini. Kepada Daily Mail, mereka mengatakan bahwa produk susu meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke karena tinggi lemak jenuh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s