Wine And Cheese

Wine and cheese, tradisi ini sangat lekat di beberapa negara Eropa. Mereka terbiasa menikmati keju sambil disandingkan dengan segelas anggur. Biasanya ritual ini dilakukan sebelum dan seusai acara makan. Perpaduan cita rasanya dapat membangkitkan selera makan dan menetralisir bau di mulut.

Meski memiliki aroma yang kurang sedap, namun nutrisi keju lebih tinggi dari susu. Keju berasal dari susu segar sapi, kerbau, kambing atau domba yang telah melalui proses khusus, singkat ceritanya keju terbentuk dari hasil fermentasi susu.

Ini adalah beberapa jenis keju yang dapat dikonsumsi secara langsung atau biasa dikonsumsi sehari-hari.

1. Roquerfort

Diolah dari susu domba betina. Keju perancis ini dikenal juga dengan nama blue cheese. Teksturnya sangat lembut, berwarna abu-abu kebiruan yang diakibatkan oleh jamur. Meski berjamur keju ini aman dikonsumsi. Aromanya yang tajam cocok untuk salad atau dikonsumsi biasa dengan acar.

2.Cheddar

Keju ini sudah tidak asing di telinga kita. Hasil olahan susu sapi ini biasanya dijadikan pelengkap untuk isian sandwich. Berwarna kuning dan memiliki rasa yang asin.

3. Labneh

Bertekstur lembut dan menyerupai yogourt, keju ini cukup populer di kawasan Timur Tengah. Terbuat dari susu sapi, biasanya digunakan untuk pendamping roti panggang atau digunakan sebagai campuran dalam masakan.

4. Edam

Bentuk keju ini sedikit unik dibandingkan keju lainnya, berbentuk bola dengan lapisan luar berwarna merah yang terbuat dari lilin. Lapisan inilah yang membuat keju ini tetap segar.Keju ini juga memiliki nama komersil seperti keju merah, keju Belanda atau keju apel.

5. Gouda

Nama gouda diambil dari nama kota di Belanda. Keju ini memeiliki cita rasa sedikit manis karena pada saat pencuciannya menghilangkan sebagian asam laktat. Keunikan keju ini adalah semakin tua rasa manis karamelnya berkembang. Keju satu ini sangat cocok dinikamti bersama wine.

6. Ricotta

Berasal dari Italia. Keju lunak yang terbuat dari susu sapi ini memiliki tekstur yang rapuh. Kandungan lemaknya termasuk tinggi mencapai 65%. Kombinasi rasa yang gurih dan lezat membuat keju ini sering digunakan sebagai campuran spaghetti dan lasagna.

7. Emmenthal

Keju ini berasal dari Swiss, salah satu keju yang memiliki tekstur sangat keras. Tetapi jika dipotong keju akan terlihat lubang-lubang di dalamnya seperti keju dalam animasi Tom & Jerry. Keju ini banyak disukai karena cita rasanya lembut dan aromanya khas. Sangat cocok dinikmati bersama segelas anggur.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s